Yann Arthus-Bertrand oleh Carole Schmitz

Yann Arthus-Bertrand oleh Carole Schmitz

Yann Arthus-Bertrand : Jangan Pernah Menyerah !

Yann Arthus-Bertrand, yang menggambarkan dirinya sebagai fotografer yang berpikir, di atas segalanya adalah pria yang bersemangat dan menggairahkan. Secara bergantian reporter, direktur dan ahli ekologi yang meyakinkan selama bertahun-tahun, dia juga memimpin yayasan “GoodPlanet” dan memimpin pertarungan yang dekat dengan hatinya. Baginya, jika kita ingin mengubah dunia, kita harus melakukannya sekarang, dan tanpa membuang waktu”. Karena di balik penderitaan kita saat ini, ada secercah harapan: kemungkinan bagi kita masing-masing untuk memberi makna pada hidup kita melalui tindakan.

Terpesona oleh dunia binatang dan alam semesta sejak ia berusia tiga puluh tahun, Yann Arthus-Bertrand terbang ke Kenya bersama istrinya. Tujuannya adalah untuk mempelajari perilaku keluarga singa selama tiga tahun. Dengan sangat cepat, ia menggunakan kamera untuk merekam pengamatannya. Itu adalah awal dari sebuah panggilan: untuk menceritakan kisah melalui gambar.

Kembali di Prancis, ia menerbitkan buku pertamanya dan menjadi seorang Grand Reporter.

Pada tahun 1991, ia mendirikan Altitude, agensi fotografi udara pertama di dunia. Sejak saat itu, ia memulai serangkaian proyek jangka panjang, mempertanyakan hubungan antara manusia dan alam liar atau jinak.

Seorang aktivis yang berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan, Yann Arthus-Bertrand menciptakan GoodPlanet.org asosiasi pada 1 Juli 2005 dan, untuk membatasi dampak kegiatannya sendiri terhadap iklim, ia mendirikan “Action Carbone”.

Ia juga penulis Vu du Ciel, sebuah serial dokumenter televisi di mana setiap episode mengeksplorasi isu ekologi tertentu. Program ini saat ini sedang disindikasikan ke 49 negara di seluruh dunia. Berdasarkan pengalaman televisi ini, Yann Arthus-Bertrand menyutradarai film layar lebar, “Rumah”, tentang keadaan planet kita. Dan baru-baru ini, “Legacy”, sebuah film dokumenter yang menelusuri realitas darurat iklim, runtuhnya keanekaragaman hayati dan menipisnya sumber daya.

Dia saat ini sedang mengerjakan sebuah film berjudul “Prancis”, sebuah kisah cinta di mana dia akan bertemu dengan orang-orang Prancis, yang akan syuting musim panas ini.

Kehormatan

Pada 22 Juni 2001, ia menerima lencana Knight of the Legion of Honor dan pada 27 Februari 2003 Knight of the Order of Agricultural Merit. Ia diangkat sebagai Perwira dari ordo yang sama pada 31 Januari 2007. Ia diangkat sebagai Pelukis Resmi Angkatan Laut pada 15 November 2005. Pada kesempatan pembentukan bagian baru yang dikhususkan untuk fotografi, ia terpilih sebagai anggota Akademi Seni Rupa pada 31 Mei 2006. Bersama Lucien Clergue, mereka adalah fotografer pertama yang diterima di lembaga ini. Pada 17 Juni 2008, Presiden Republik Prancis memberinya lencana Officer of the National Order of Merit.

Pemicu fotografi pertama Anda?

Yann Arthus-Bertrand : Saat itu dengan kakek saya di properti kami di Sarthe, saya pasti berusia antara 6 dan 10 tahun, saat itulah saya mulai memotret keluarga saya, salah satunya saya masih memiliki kakek saya berpose dikelilingi oleh keluarganya.

Pria gambar yang menginspirasi Anda?

Yann Arthus-Bertrand : Fotografi memasuki hidup saya sangat awal, dan mungkin ayah saya yang menginspirasi saya. Dia sering bepergian dan mengambil banyak foto untuk berbagi dengan kami semua yang dia lihat. Mungkin dialah yang membuat saya berpikir bahwa fotografi tidak sulit dilakukan dan saya juga bisa melakukannya.

Gambar yang ingin Anda buat?

Yann Arthus-Bertrand : Semua yang saya lewatkan, dalam arti saya tidak bisa membuatnya, seperti di Kenya di mana setelah berhari-hari menunggu untuk mengamati singa, perburuan besar terjadi di depan saya, hanya untuk menyadari setelah fakta, bahwa tidak ada film di kamera, yang dengan kamera hari ini tidak akan mungkin. Tapi saya masih memiliki gambar ini di sudut pikiran saya, saya bisa melihat dengan sempurna singa betina di punggung kerbau, itu sangat spektakuler. Di daftar lain, ada juga gambar dua gelandangan di jalanan New York, duduk di atas kardus dan bermain Monopoli, dan hari itu saya tidak membawa kamera.

Mana yang paling membuat Anda tergerak?

Yann Arthus-Bertrand: Tidak diragukan lagi foto-foto B&W pertama dari pembebasan kamp konsentrasi, gambar-gambar luar biasa dari semua orang kurus dan mayat yang didorong oleh traktor. Ini adalah gambar yang menggerakkan saya dengan sangat kuat dan masih menggerakkan saya hari ini.

Apa kualitas yang diperlukan untuk menjadi fotografer yang baik?

Yann Arthus-Bertrand: Untuk mengetahui apa yang ingin Anda foto. Saya bukan fotografer Cartier-Bresson yang membingkai dengan sempurna, saya perlu banyak mengerjakan sesuatu yang saya sukai. Saya pikir Anda perlu penasaran dan tahu apakah Anda ingin menjadi fotografer perang, fotografer mode, dll. dan melakukannya dengan penuh semangat… dan tentu saja perhatikan!

Rahasia gambar yang sempurna, jika ada?

Yann Arthus-Bertrand: Kesempurnaan adalah hal yang sangat subjektif. Masing-masing dari kita memiliki idenya sendiri tentang itu. Mungkin bagi saya gambar yang sempurna adalah salah satu cucu saya yang saya miliki di dompet saya, itu adalah gambar yang berbicara tentang orang yang Anda cintai.

Orang yang Anda impikan untuk difoto?

Yann Arthus-Bertrand: Saya cukup beruntung bisa memotret banyak kepribadian, jadi saya tidak merasa frustrasi di area ini. Di sisi lain, saya menyesal tidak pernah memotret orang-orang tertentu, seperti César, misalnya, yang berkali-kali mengundang saya untuk datang dan mengambil foto di studionya, tetapi karena selalu menunda, itu tidak pernah dilakukan, tetapi juga orang lain yang dekat dengan saya dan yang tidak lagi bersama saya. Tapi begitulah adanya. Ini dikatakan, saya pikir hari ini kita tidak dilarang pada tingkat tertentu untuk memotret semua orang… dan kemudian saya selalu membawa kamera!

Sebuah buku foto penting?

Yann Arthus-Bertrand: Buku apa saja oleh Annie Leibovitz. Saya suka pekerjaannya, dia memiliki bakat yang luar biasa. Dia bisa memotret semuanya dengan cara yang luar biasa. Bagi saya, dia adalah salah satu fotografer terhebat yang pernah ada. Ada juga “The Hand of Man” oleh Sebastião Salgado, seorang fotografer yang penting bagi saya dan yang saya kenal baik. Apa yang luar biasa dalam pekerjaan yang dia lakukan untuk buku ini bukanlah untuk memotret pria di tempat kerja, tetapi untuk mengakhiri idenya dengan awal dan akhir. Ini mungkin yang membuat saya ingin melakukan semua pekerjaan ini di sekitar “Bumi dari Atas”.

Kamera awal Anda?

Yann Arthus-Bertrand: Dial Canon yang dibawakan ayah saya dari Jepang.

Yang Anda gunakan hari ini?

Yann Arthus-Bertrand: Saya baru saja mengubah segalanya untuk Canon R5 yang luar biasa.

Obat favorit Anda?

Yann Arthus-Bertrand: Cinta

Cara terbaik untuk memutuskan sambungan untuk Anda?

Yann Arthus-Bertrand: Ini adalah sesuatu yang tidak pernah bisa saya lakukan, saya banyak bekerja dan saya sering dicela karenanya, dan memang demikian. Tapi hari ini saya belajar. Bahkan, sebentar lagi saya akan berlibur tanpa ponsel, tanpa komputer, dan tanpa tablet! Sebuah tantangan bagi saya!

Kualitas terbaik Anda?

Yann Arthus-Bertrand: Tanpa keraguan ketekunan. saya tidak menyerah…

Gambar untuk mengilustrasikan uang kertas baru?

Yann Arthus-Bertrand: Greta Thunberg.

Pekerjaan yang tidak ingin Anda lakukan?

Yann Arthus-Bertrand: Menjawab pertanyaan ini agak reduktif untuk pekerjaan yang bisa saya sebutkan. Saya akan mengatakan bahwa saya tidak akan mampu melakukan pekerjaan (apa pun itu) yang tidak saya sukai.

Kemewahan terbesar Anda sebagai seorang fotografer?

Yann Arthus-Bertrand: Proyek saya di “Bumi dari Atas” … Sungguh gila meninggalkan selama 10 tahun untuk membuat semua gambar ini, untuk mengekspos foto saya di jalan sementara museum menolak saya. Mereka menganggap saya orang gila, kadang-kadang bahkan untuk megalomaniak…

Kota, negara, atau budaya mana yang ingin Anda temukan?

Yann Arthus-Bertrand: Setelah berkeliling dunia ke segala arah, saat ini saya melakukan pekerjaan besar di Prancis.

Tempat yang tidak pernah bosan?

Yann Arthus-Bertrand: Di rumah. Saya beruntung memiliki rumah di tempat yang sangat bagus. Jadi saya tidak pernah bosan dikelilingi oleh orang-orang yang saya cintai.

Penyesalan terbesarmu?

Yann Arthus-Bertrand: Saya bukan orang yang menyesal. Saya pikir kita belajar dari segalanya. Tapi mungkin penyesalan “fotografis” saya adalah tidak pergi ke Rwanda pada saat genosida.

Instagram, Tik Tok, Facebook atau Snapchat?

Yann Arthus-Bertrand: Secara pribadi, tidak satu pun dari ini, saya harus mengakui bahwa saya bahkan tidak tahu cara kerjanya. Jadi tentu saja, saya hadir di jejaring sosial, tetapi asisten saya yang mengurusnya.

Warna atau B&W?

Yann Arthus-Bertrand: Jika saya telah bekerja banyak dalam warna, saya sekarang semakin tertarik pada B&W. Saya sedang dalam proses membuat cetakan hitam putih dari beberapa gambar saya yang tidak pernah dipublikasikan dari seri “Bumi dari Atas”.

Cahaya siang atau cahaya buatan?

Yann Arthus-Bertrand: Saya tertarik pada keduanya

Menurutmu kota apa yang paling fotogenik?

Yann Arthus-Bertrand: Venice… Setiap sudutnya ajaib. Dan saya juga menyukai kenyataan bahwa ini adalah kota tanpa mobil.

Jika Tuhan ada, apakah Anda akan memintanya untuk berpose untuk Anda, atau Anda akan memilih untuk selfie dengannya?

Yann Arthus-Bertrand: Saya tidak percaya pada Tuhan!

Gambar yang mewakili bagi Anda keadaan dunia saat ini?

Yann Arthus-Bertrand: Gambar di halaman depan surat kabar Le Monde

Instagram: yannarthusbertrand

Situs web : yannarthusbertrand.org / yannarthusbertrandphoto.com / www.goodplanet.org

UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN TENTANG HUBUNGAN MANUSIA-HEWAN

Sonia Kobiela dan kudanya Sisko – Haras de la Cense – Oktober 2020 © Yann Arthus-Bertrand

Selain itu, pada tanggal 19 dan 20 Juni, atas undangan Institut Manusia dan Kuda dana abadi, Yann Arthus-Bertrand mengambil alih Haras de la Cense untuk kedua kalinya dengan timnya dan studio fotonya. . Dalam dua hari, ia akan melakukan secara sukarela, sesuai dengan karyanya ‘Bestiaux’, sekitar lima puluh potret, dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan kekayaan hubungan Manusia-Hewan. Kesempatan unik untuk mendapatkan potret yang diambil oleh fotografer terkenal dengan sumbangan sederhana minimal 50 euro.

Semua uang yang terkumpul akan digunakan untuk menawarkan, musim panas ini, pelatihan berkendara etis kepada delapan orang muda yang tidak dapat pergi berlibur, yang dipilih oleh asosiasi AAPISE dan No Joke de Dourdan. Di akhir pelatihan, anak-anak muda akan mempresentasikan di lingkungan mereka, di depan keluarga dan teman-teman mereka, hasil belajar mereka dengan kuda. Inisiatif ini sejalan dengan operasi ‘Des Chevaux en bas des Tours’ yang dilakukan pada Mei 2019 untuk memerangi pengucilan sosial berkat manfaat mediasi hewan.

Previous post Membandingkan Sigma 24-70mm dengan 28-70mm
Next post Ngerukewid Aerial 1 | Blog Fotografi

SPONSOR IKLAN :

  • Hadiah terkini Data SGP. Game besar lainnya muncul dilihat secara terprogram melalui berita yg kita umumkan di laman tersebut, dan juga bisa ditanyakan kepada petugas LiveChat support kami yg ada 24 jam On the internet untuk meladeni segala kepentingan para tamu. Ayo secepatnya daftar, dan kenakan promo Lotere & Live Casino On the internet terbesar yg terdapat di laman kita.
  • Jackpot gede Data HK. Jackpot khusus lainnya bisa diamati dengan terjadwal lewat status yang kami sampaikan pada situs tersebut, lalu juga dapat dichat kepada petugas LiveChat support kami yg stanby 24 jam On the internet dapat meladeni segala kepentingan antara player. Mari secepatnya gabung, dan kenakan prize Buntut serta Kasino On the internet terbaik yang nyata di laman kami.
  • Bonus terkini Data Sidney. Bonus spesial lainnya dapat diamati secara terencana lewat berita yang kami sisipkan di laman itu, lalu juga bisa dichat terhadap petugas LiveChat support kita yang menunggu 24 jam Online untuk meladeni seluruh kepentingan antara pengunjung. Lanjut secepatnya gabung, serta dapatkan cashback Lotere dan Kasino On the internet tergede yang hadir di tempat kita.
  • Game mingguan Slot Online gacor. Prediksi terbaik lainnya dapat dipandang dengan terpola lewat kabar yg kami letakkan di laman itu, dan juga bisa dichat kepada layanan LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam On-line dapat meladeni semua keperluan para tamu. Lanjut cepetan join, dan ambil cashback Judi Slot Deposit Pulsa dan Kasino Online tergede yg nyata di laman kita.