Ulasan Ricoh GR IIIx: Penembak Ringkas yang Bermanfaat

Ulasan Ricoh GR IIIx: Penembak Ringkas yang Bermanfaat

Ricoh membawa GR IIIx ke dalam jajarannya untuk sebagian besar mengatasi panjang fokus, tetapi juga memperkuat kasus bahwa kamera saku ini memotret lebih berani daripada yang ditunjukkan ukurannya.

GR IIIx merupakan tindak lanjut langsung dari GR III, karena keduanya memiliki bodi dan tata letak yang sama. Memasukkan lensa setara 40mm adalah cara Ricoh melempar tulang kepada siapa pun yang meratapi seberapa lebar bidikan kamera sebelumnya dengan lensa 18,3mm (setara 28mm). Jika Anda ingin memperketat bidikan Anda dengan banyak keberanian yang sama di dalamnya, ini mungkin kamera yang Anda inginkan di saku Anda.

Desain dan Kualitas Bangun

Anda akan menemukan banyak hal yang familier jika Anda pernah menggunakan salah satu kamera GR Ricoh sebelumnya. Bagi saya, ini adalah yang pertama, jadi masuk dengan mata pemula, saya harus mempelajari tata letak dan sistem menu dari awal. Dengan berat 257 gram, ini bukan kamera super ringan, meskipun dimensinya cukup mudah untuk dimasukkan ke dalam saku. Secara pribadi, saya dapat menghargai bobot karena fakta sederhana bahwa bingkai paduan magnesium membuat saya merasa seperti sedang memegang penembak yang berkualitas.

Ricoh GR IIIx di tepi air mancur di kota.

Di bagian belakang, LCD TFT tiga inci adalah satu-satunya cara untuk membingkai bidikan sebagai pengganti jendela bidik elektronik (EVF). Menu standar, tampilan, pemutaran, fungsi, dan tombol arah empat arah terletak di sana, bersama dengan tuas untuk mengontrol kecepatan rana. Di bagian atas adalah tombol daya, rana, tombol mode pemotretan, dan satu lagi ke arah depan yang menyesuaikan bukaan. Di sebelah kanan adalah port pengisian USB-C, dan di sebelah kiri adalah tombol khusus untuk koneksi video dan WiFi.

Ada hot shoe di bagian atas, mount di bagian bawah, dan slip di dekat mode dial untuk lanyard yang disertakan agar benda ini tetap melilit pergelangan tangan Anda. GR IIIx tidak dilengkapi dengan kasing, meskipun mungkin ada baiknya Anda membelinya untuk disimpan saat Anda tidak menggunakannya. Terlebih lagi dalam cuaca buruk, karena Ricoh tidak mengambil langkah-langkah untuk membuat kamera tahan cuaca, mungkin karena desain yang ringkas harus memungkinkan panas yang dihasilkannya keluar dari suatu tempat.

Tampilan atas-bawah kamera Ricoh GR IIIx

Semua ornamen ini mencerminkan GR III sebelumnya, termasuk di bawah kap dengan sensor APS-C 24 megapiksel yang sama. Perubahan terbesar ada pada lensa, di mana Ricoh memberi orang kemampuan untuk lebih dekat dengan subjek melalui lensa tetap f/2.8 setara 40mm. Fotografer jalanan mungkin akan lebih memilih panjang fokus ini karena sejumlah alasan, tetapi ini berlaku untuk semua jenis penembak yang mencari media yang menyenangkan ketika 28mm terlalu lebar dan 50mm terlalu sempit.

Tutup cincin di sekitar lensa memungkinkan Anda memasang adaptor GA-2 Ricoh untuk mengakomodasi lensa konversi GT-2 Tele perusahaan untuk memperpanjang panjang fokus hingga setara 75mm. GV-3 perusahaan juga berfungsi sebagai EVF, jika Anda menginginkannya. Saya tidak bisa menguji aksesori itu, jadi tidak tahu seberapa baik kinerjanya.

Menu dan Fitur

Ricoh tidak mengubah sistem menu, meninggalkan pengaturan yang sudah dikenal di tempat yang seharusnya. Untuk pemula di seri GR, tata letaknya tidak terlalu sulit untuk dipahami, meskipun perlu waktu untuk tidak hanya mengetahui di mana semuanya berada, serta apa yang coba dilakukan.

Contohnya, tuas kecepatan rana berfungsi ganda sebagai tombol, dan ketika Anda menekannya, Anda dapat dengan cepat memilih jenis pemfilteran yang Anda inginkan untuk gambar Anda, termasuk pintasan untuk fokus, pengukuran, format file, dan kecerahan layar. Anda dapat menemukan mode drive di tombol arah, bersama dengan akses cepat ke ISO, white balance, dan Makro.

Foto bunga yang diambil dalam mode makrofoto makro

Ricoh juga menawarkan dua crop factor 50mm dan 71mm dalam pengaturan pengambilan gambar menu. Deteksi wajah dan mata diaktifkan secara default, dan Filter ND diatur ke otomatis. Anda memiliki rentang ISO 100 hingga 102.400 dan rana maks 1/4000, ditambah fokus otomatis hybrid dan IBIS pergeseran sensor agar tetap stabil. Snap Focus memungkinkan Anda mengatur jarak fokus untuk kamera yang dimulai dari satu meter hingga tak terhingga.

Jika Anda berpikir untuk merekam video dengan GR IIIx, ingatlah bahwa itu terbatas pada 1080p dalam 24, 30, atau 60 frame per detik, jadi tidak ada 4K di sini. Ricoh tidak terlalu malu untuk memposisikannya sebagai kamera foto diam, tetapi fleksibilitas video tidak benar-benar ada jika Anda ingin memotret pada resolusi yang lebih tinggi.

Kualitas gambar

Beberapa elemen ikut bermain bahkan sebelum mengambil bidikan, seperti waktu startup 0,8 detik yang sangat cepat dan Snap Focus. Ini bukan penembak cepat, karena maksimal pada 4 frame per detik dalam burst, Anda juga tidak dapat mengartikulasikannya dengan mudah karena layar terpasang ke dalam bodi. Dan karena layar tidak terlalu cerah secara default, Anda mungkin harus mencerahkannya dalam kondisi tertentu untuk melihat apa yang Anda lakukan, yang pada akhirnya memengaruhi masa pakai baterai.

Air terjun dengan gerakan kaburLangsung dari Kamera, JPEG yang belum diproses
Potret lingkungan seorang pria di sebelah bangunan bataLangsung dari Kamera, JPEG yang belum diproses

Ambil nuansa tersebut dengan tenang dan Anda dapat menghasilkan gambar yang luar biasa dengan GR IIIx. Saya memotret dalam RAW + JPEG untuk menilai bagaimana file DNG yang diproses dan JPEG yang tidak diproses akan keluar dari penembak portabel ini. Ini memiliki fleksibilitas ISO yang sangat baik dengan bidikan hingga 6400 lebih dari yang dapat digunakan, dan aperture yang lebih lebar lebih dari mampu menghasilkan bokeh lembut. Bidikan malam dan cahaya redup bahkan lebih baik dari yang saya harapkan, terutama setelah mempratinjaunya di layar kamera itu sendiri.

Ricoh GRIIIx Snap opsi layar fokus

Pemfokusan adalah sedikit masalah bagi saya di awal, meskipun saya berhasil menguasainya setelah memotret untuk sementara waktu. Cukup mudah untuk menyentuh layar untuk mengunci subjek, tetapi itu juga tergantung di mana Anda telah mengatur Snap Focus untuk secara otomatis mengasah subjek saat menekan rana. Ricoh menempatkannya pada 2,5 meter untuk memulai, dengan opsi untuk naik dari 1 hingga 2,5 meter dengan peningkatan 0,5 meter, bersama dengan 5 meter sebagai pilihan yang lebih panjang. Alih-alih itu, Anda juga dapat mengaturnya hingga tak terbatas jika Anda merasa tidak membutuhkannya. Either way, GR IIIx mengunci dengan cepat, asalkan dapat melihat subjek dengan cukup baik, masalah yang terkadang saya temui dalam kondisi malam hari.

Foto anggur dan minuman beralkohol di belakang bar.Langsung dari Kamera, JPEG yang belum diproses

Bagian terbaik tentang cara mengambil gambar adalah konsistensinya. Saya tidak melihat distorsi barel atau chromatic aberration dalam bidikan yang saya ambil. Tidak hanya itu, tetapi tepinya bersih dan tanpa vignetting jahat yang merayap masuk untuk memaksa pemotongan di pos. Gambar tampak bersih dan tajam dengan detail luar biasa dalam berbagai situasi dan skenario.

Bidikan sudut tinggi dan lebar dari Budapest selama jam biru.

Foto katedral yang diambil dalam cahaya redup.

Foto gedung dan sungai Danube.

Dan ini bukan hanya untuk pemotretan DNG yang diproses, tetapi juga untuk JPEG, asalkan diambil dalam kondisi ideal dengan pengaturan yang tepat. Sensor gambar memiliki kecenderungan untuk mencerahkan sorotan sedikit terlalu banyak, bahkan jika Anda mengambil perintah penuh dari pengaturan dalam mode Manual. Itu mungkin setidaknya satu alasan mengapa ada editor bawaan di dalam kamera saat Anda menekan tombol video di samping. Cukup rapi dan seimbang untuk mengerjakan foto yang mungkin ingin Anda transfer ke ponsel atau tablet untuk dibagikan di media sosial. Secara pribadi, saya lebih suka mentransfer gambar RAW ke ponsel saya untuk mengerjakannya di Lightroom.

Contoh editor foto dalam kamera Ricoh GR IIIx

Setidaknya Anda dapat memutuskan apa yang paling cocok untuk Anda, terutama jika satu alur kerja bekerja lebih baik daripada yang lain pada saat dan waktu tertentu. Kuncinya adalah untuk tidak terlalu banyak atau kurang mengekspos gambar atau akan sulit untuk menarik detailnya nanti.

Masalahnya, panjang fokus 28mm GR III mungkin membuat kamera itu lebih ramah turis karena seberapa banyak yang ditangkap per frame. Saya terkadang kesulitan untuk memotret arsitektur atau pemandangan karena panjang 40mm yang lebih ketat, jadi saya memilih untuk menembakkan potongan-potongan untuk menyelaraskan dan memadukannya nanti di Photoshop atau program serupa (maaf, karena tidak ada contoh di sini tinjauan). Untuk pemandangan jalanan atau perspektif unik lainnya, saya lebih suka meraih kamera ini daripada smartphone untuk memotretnya karena kualitasnya hampir pasti akan jauh lebih baik.

Daya tahan baterai

Ricoh mengklaim GR IIIx dapat menangkap hingga 200 bidikan per pengisian daya, tetapi itu tidak benar dalam kondisi dunia nyata; setidaknya bagi saya, tidak. Pada kecerahan layar default dan dengan beberapa foto eksposur panjang dalam campuran, saya mengelola 115 bidikan sebelum baterai mencapai daya yang sangat rendah. Tamasya terbaik saya adalah 152 tembakan. Untung itu menyala dan mati begitu cepat karena itu benar-benar satu-satunya pilihan yang saya miliki untuk mengelola masa pakai baterai yang buruk, sayangnya, dilengkapi dengan kamera ini.

Jika Anda berencana untuk sering menggunakan GR IIIx, Anda harus mempertimbangkannya, baik dengan mendapatkan baterai kedua, menyimpan paket baterai portabel, atau mencoba yang terbaik dengan kecerahan layar pada tingkat minimal. Tak satu pun dari itu adalah solusi ideal, tetapi fotografer tidak asing dengan membuat konsesi pada peralatan kamera dan berimprovisasi sesuai kebutuhan.

Kamera Ricoh GR IIIx di depan pemandangan kota

Penembak Ringkas yang Bermanfaat

Ricoh GR IIIx tidak murah di $ 1.000, namun membenarkan harga dengan outputnya. Ini tidak akan menjadi penembak utama bagi saya, secara pribadi, tetapi sebagai kamera cadangan atau pendukung, saya akan dengan senang hati menyimpannya di dekat tas atau saku saya. Kemampuannya untuk memotret dengan baik dalam berbagai kondisi, serta kustomisasi yang mendalam, membuatnya menarik di sejumlah level.

Fotografer lain yang memotret jenis diam yang akan bekerja sempurna dengan kamera ini dapat dengan mudah meraihnya terlebih dahulu. Cukup ringkas untuk dibawa ke mana saja, dan cukup cepat untuk mengambil bidikan cepat, ini adalah pilihan yang baik untuk fotografer jalanan dan gaya hidup yang menginginkan kemajuan besar dari smartphone dan tidak perlu menggunakan DSLR atau mirrorless shooter.

Apakah ada Alternatif?

Alternatif fokus tetap langsung harus menjadi GR III, terutama jika Anda lebih suka bidang pandang yang lebih luas. Ini menerima pembaruan firmware yang sama dengan GR IIIx, jadi beberapa fitur juga dapat dipertukarkan di antara mereka. Fujifilm X100V adalah penembak kompak lainnya dengan gaya retro yang juga merekam video dalam 4K pada 30fps. Ricoh memang memiliki keunggulan karena kameranya lebih kecil dan lebih mudah dikantongi.

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak, Leica D-Lux 7 mungkin sesuai dengan tagihan, meskipun Anda mengambil resolusi dengan sensor Four Thirds terlepas dari spesifikasi videonya yang lebih baik; belum lagi itu datang ke pasar pada tahun 2018.

Haruskah Anda Membelinya?

Ya, jika Anda seorang fotografer yang mencari penembak kompak yang solid dengan lensa prima. Mereka yang sudah memiliki GR III memiliki lebih banyak keputusan untuk dibuat karena satu-satunya perbedaan nyata adalah panjang fokus.

Previous post Barang apa Mesin Slot Online Terbaik?
Next post Danau Caddo Fall Colors, Texas, AS

SPONSOR IKLAN :

  • Hadiah terkini Data SGP. Game besar lainnya muncul dilihat secara terprogram melalui berita yg kita umumkan di laman tersebut, dan juga bisa ditanyakan kepada petugas LiveChat support kami yg ada 24 jam On the internet untuk meladeni segala kepentingan para tamu. Ayo secepatnya daftar, dan kenakan promo Lotere & Live Casino On the internet terbesar yg terdapat di laman kita.
  • Jackpot gede Data HK. Jackpot khusus lainnya bisa diamati dengan terjadwal lewat status yang kami sampaikan pada situs tersebut, lalu juga dapat dichat kepada petugas LiveChat support kami yg stanby 24 jam On the internet dapat meladeni segala kepentingan antara player. Mari secepatnya gabung, dan kenakan prize Buntut serta Kasino On the internet terbaik yang nyata di laman kami.
  • Bonus terkini Data Sidney. Bonus spesial lainnya dapat diamati secara terencana lewat berita yang kami sisipkan di laman itu, lalu juga bisa dichat terhadap petugas LiveChat support kita yang menunggu 24 jam Online untuk meladeni seluruh kepentingan antara pengunjung. Lanjut secepatnya gabung, serta dapatkan cashback Lotere dan Kasino On the internet tergede yang hadir di tempat kita.
  • Game mingguan Slot Online gacor. Prediksi terbaik lainnya dapat dipandang dengan terpola lewat kabar yg kami letakkan di laman itu, dan juga bisa dichat kepada layanan LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam On-line dapat meladeni semua keperluan para tamu. Lanjut cepetan join, dan ambil cashback Judi Slot Deposit Pulsa dan Kasino Online tergede yg nyata di laman kita.