Kami Meninjau Kamera Mirrorless Canon EOS R3 yang Kuat

Kami Meninjau Kamera Mirrorless Canon EOS R3 yang Kuat

Saya senang ketika Canon Belanda meminta saya untuk meninjau Canon EOS R3 baru. Bersama dengan kamera, saya menerima tiga lensa dan ditawari hanya empat hari untuk menggunakannya dalam situasi yang berbeda. Dalam ulasan ini, saya membagikan kesan pertama dan pengalaman memotret saya.

Kita semua berharap kamera berikutnya dalam seri mirrorless R akan menjadi kamera andalan, sesuatu yang akan menggantikan Canon EOS 1D X Mark III yang menakjubkan, yang saya ulas lebih dari satu tahun yang lalu pada tahun 2020. Canon mengejutkan semua orang dengan Canon EOS R3, dan saya bisa saja salah, tetapi nomor tersebut tampaknya mengacu pada analog lama Canon EOS 3. Kamera itu adalah kamera pertama yang memiliki sistem AF yang dikontrol mata, sama seperti EOS R3. Lebih lanjut tentang itu nanti.

Spesifikasi Paling Penting

  • Sensor Dual Pixel CMOS tumpuk 24 megapiksel
  • Rana elektronik hingga 1/64,000 detik
  • 30 frame per detik dalam mode rana elektronik dengan mentah 14-bit penuh
  • Jendela bidik elektronik 5,69 juta titik dengan AF yang dikontrol mata
  • AF mata, kepala, dan tubuh untuk manusia dan hewan, juga deteksi kendaraan
  • Kustomisasi ekstensif untuk tombol AF dan pengaturan AF
  • AF-ON dengan Pengontrol Cerdas
  • Tidak ada pemadaman di jendela bidik elektronik
  • Fungsi jendela bidik HDR untuk meniru jendela bidik optik
  • 4,15 megapiksel sepenuhnya mengartikulasikan layar LCD 3,2 inci
  • PQ HDR merekam file HEIF 10-bit
  • AF bekerja hingga -7,5 EV dengan lensa f/1.2
  • Video DCI dan UHD 4K hingga 120p dan oversampled 60p
  • Video mentah dengan C-Log3 10-bit
  • Sepatu panas dengan antarmuka
  • Stabilisasi gambar dalam tubuh hingga 8 stop

Kesan Pertama Tubuh Kamera

Sama seperti setiap model Canon EOS 1D, EOS R3 juga memiliki pegangan bawaan untuk pemotretan vertikal. Anda dapat menemukan kontrol ganda di bagian belakang dan set kedua tombol khusus di bagian depan. Layar LCD kecil di bawah layar LCD utama hilang. Sisi kiri pelat atas memiliki beberapa tombol, mirip dengan model EOS 1D, dan memiliki Smart Controller yang luar biasa pada tombol AF-ON. Setiap elemen desain lainnya mirip dengan Canon EOS R5.

Layar sentuh LCD 3,2 inci yang besar memiliki 4,12 juta titik, yang merupakan resolusi terbesar yang dapat Anda temukan saat ini. Layar sepenuhnya mengartikulasikan, dan bodi memiliki lekukan besar yang memudahkan untuk memindahkan layar dari posisi tertutup, bahkan saat mengenakan sarung tangan.

Layar sentuhnya sendiri bisa digunakan untuk mengoperasikan menu lengkap atau menu akses cepat. Anda juga dapat menggunakannya untuk menggeser titik AF ke area yang diinginkan. Di satu sisi, tidak ada yang mengejutkan tentang itu, karena mirip dengan setiap kamera Canon modern lainnya dengan fungsi layar sentuh.

Kemungkinan Fokus Otomatis

Ada banyak hal yang bisa diceritakan tentang sistem fokus otomatis Canon EOS R3. Ini telah meningkatkan pengenalan subjek, dan Anda dapat beralih antara manusia, hewan, atau kendaraan. Sistem ini cukup pintar untuk mengenali objek yang Anda pilih, tetapi secara otomatis akan beralih ke salah satu subjek lain jika subjek yang dipilih tidak ditemukan dalam bingkai.

Sama seperti Canon EOS 3 lama, Canon EOS R3 memiliki sistem AF yang dikontrol mata. Sistem Canon Dual Pixel AF memungkinkan penggunaan fitur ini dengan lebih tepat, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di masa lalu.

Sistem bekerja lebih baik dari yang diharapkan. Setelah Anda mengkalibrasi sistem ke mata Anda, sistem akan tahu di mana Anda melihat di jendela bidik. Jika Anda mengaktifkan sistem AF, itu akan fokus pada titik itu. Dengan kata lain, Anda tidak akan mengaktifkan sistem AF hanya dengan melihat subjek Anda. Anda tetap harus mengaktifkan AF sendiri. Namun AF yang dikontrol mata akan mempermudah pengaturan titik AF di tempat yang tepat.

Ada hingga enam bank memori untuk kalibrasi mata. Dalam pengaturan standar, tombol SET akan mengaktifkan sistem yang dikontrol mata sehingga Anda dapat dengan cepat mengaktifkannya jika diperlukan atau menonaktifkannya.

Kustomisasi sistem AF melampaui model EOS sebelumnya. Tentu saja, Anda dapat menyesuaikan hampir setiap tombol pada Canon EOS R3, tetapi jika Anda memilih untuk menetapkan fungsi AF ke sebuah tombol, dimungkinkan untuk menyelami dua lapisan pengaturan AF tambahan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menggunakan lebih dari satu tombol untuk mengaktifkan AF, tetapi masing-masing dengan perilaku dan pengaturan yang berbeda.

Ada berbagai cara untuk menempatkan titik AF di area yang tepat dalam bingkai. Yang pertama adalah AF yang dikontrol mata yang disebutkan di atas. Yang kedua adalah joystick kuno, dan yang ketiga adalah dengan menggeser layar sentuh. Canon EOS R3 memiliki Smart Controller pada tombol AF-ON sebagai opsi keempat, sama seperti Canon EOS 1D X Mark III. Sensor inframerah kecil ini memungkinkan Anda menggunakannya sebagai mouse terbalik, menggerakkan ibu jari Anda di atas tombol untuk memindahkan titik AF. Saya menyukai sistem ini dan merindukannya pada Canon EOS R5 saya.

Deteksi kendaraan dikatakan dirancang untuk sepeda motor sport dan mobil sport. Sayangnya, ada terlalu sedikit waktu yang tersedia untuk tes yang baik. Saya mencoba menembak beberapa kendaraan biasa, dan sistem memang mengenali mobil dan juga sepeda, tapi mungkin itu akan melakukannya juga tanpa deteksi kendaraan. Lebih banyak pengujian harus dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang kinerjanya.

Kecepatan Canon EOS R3

Dengan rana mekanis, Canon EOS R3 akan memungkinkan hingga 12 frame per detik. Meskipun ini adalah kecepatan yang wajar, kamera akan menjadi jauh lebih cepat saat beralih ke rana elektronik. Tanpa pemadaman apa pun di jendela bidik elektronik, dimungkinkan untuk memotret hingga 30 bingkai per detik.

Dengan 12 frame per detik, kamera dapat terus menulis file ke kartu memori tanpa batas. Selama pengujian, saya berhenti memotret setelah 1.500 gambar dalam c-raw dan JPEG. Dengan 30 frame per detik, kamera dapat merekam hingga 100 frame dalam satu burst, juga dalam c-raw dan JPEG.

Jika Anda perlu memotret pada kecepatan ini untuk waktu yang lama, beralih ke JPEG atau HEIF 10-bit mungkin akan meningkatkan jumlah gambar dalam satu burst. Tentu saja, kecepatan kartu CF-Express tipe B atau kartu SD UHS-II juga akan berpengaruh. Saya menggunakan Sandisk Extreme Pro 128GB CF Express tipe B dengan kecepatan tulis 1.200 MB/s.

Kualitas gambar

Canon EOS R3 menggunakan sensor CMOS Dual Pixel bertumpuk dengan 24 megapiksel. Meskipun ini bukan resolusi tertinggi, ini lebih dari cukup untuk sebagian besar situasi. Ini juga memungkinkan rasio sinyal-noise yang baik, yang menghasilkan kinerja ISO tinggi yang luar biasa.

Anda dapat menggunakan Canon EOS R3 dari ISO 100 hingga ISO 25.600 dan menambahkan tiga stop dalam rentang ISO yang diperluas. Saya menggunakan kamera sebagian besar dalam pengaturan ISO otomatis, dan karena hari-hari musim dingin yang gelap di Belanda, saya memang membutuhkan pengaturan ISO lengkap yang tersedia.

Saya sudah memperhatikan seberapa baik kamera menangani level ISO tinggi. Saya terkejut betapa baiknya gambar pada ISO 16.000 terlihat langsung dari kamera. Tes studio sederhana juga menunjukkan kinerja ISO tinggi yang hebat. Mengoreksi kekurangan pencahayaan lima stop pada ISO 400 menunjukkan jumlah noise yang hampir sama dibandingkan dengan gambar yang diekspos dengan benar.

Kesan Pemotretan Saya

Saya sama sekali bukan fotografer olahraga, tetapi saya suka memotret anjing kami saat bermain. Untuk kecepatan rana cepat yang saya inginkan, saya harus banyak meningkatkan level ISO, terkadang hingga pengaturan maksimum ISO 25.600. Meskipun pada awalnya saya takut dengan noise, gambar langsung dari kamera terlihat bersih dan penuh detail.

Memegang dan menggunakan Canon EOS R3 sangat nyaman. Kameranya hanya 1.014 gram, lebih kecil dibandingkan Canon EOS 1D X Mark III. Ergonominya bagus, dan setiap tombol atau sakelar mudah dijangkau. Tombol, dial, dan sakelar berkualitas tinggi dan memiliki umpan balik yang baik. Layar sentuh berfungsi dengan baik, dan berkat layar yang sepenuhnya diartikulasikan, pemotretan dari posisi sulit menjadi mudah. Dikombinasikan dengan fleksibilitas dan akurasi sistem AF, Anda dapat berkonsentrasi penuh pada aksi dan komposisi.

Saya perhatikan bagaimana keandalan sistem AF bergantung pada konfigurasi. Saya menggunakan kamera untuk pertandingan sepak bola dan untuk pengendara sepeda gunung di hutan. Meskipun sistem tidak akan mengecewakan Anda, akurasi meningkat ketika pengaturan paling optimal ditemukan. Untuk itu, Canon EOS R3 memiliki kemampuan kustomisasi yang luar biasa untuk sistem AF. Misalnya, AF yang dikontrol mata bekerja sangat baik di pertandingan sepak bola, tetapi kurang mudah dengan pengendara sepeda gunung yang bergerak di antara pepohonan. Menggunakan pengaturan yang berbeda untuk tombol AF yang berbeda akan membuat hidup jauh lebih mudah dengan Canon EOS R3. Anda mungkin perlu waktu untuk menemukan pengaturan mana yang paling cocok untuk setiap olahraga atau tindakan.

Kecepatan kameranya luar biasa, dan buffernya cukup besar untuk menangkap aksi cepat. Dalam waktu singkat saya dapat memotret dengan Canon EOS R3, saya merasa itu adalah kamera yang luar biasa, dan saya yakin itu akan unggul dalam olahraga, aksi, dan mungkin juga fotografi alam liar. Ini mungkin tidak memiliki jumlah resolusi yang dapat ditemukan di Nikon Z 9, yang juga saya ulas seminggu sebelumnya, tetapi Anda mendapatkan banyak imbalan.

Beberapa juga membandingkan kamera ini dengan Sony A1, tapi entah kenapa, saya rasa itu bukan perbandingan yang adil. Canon EOS R3 dirancang sebagai kamera olahraga dan aksi, sama seperti Nikon Z 9. Saya menemukan Sony A1 lebih seperti kamera all-in-one yang canggih dan tidak mengkhususkan diri dalam satu cabang fotografi.

Hal yang saya suka

  • Ergonomi yang baik
  • Kecepatan rana hingga 1/64.000 detik
  • Sangat dapat disesuaikan, terutama sistem AF
  • Eye control AF bekerja dengan sangat baik
  • Pengontrol Cerdas di tombol AF-ON
  • Buffer memori besar dengan kecepatan menulis cepat ke buffer kosong
  • Rentang dinamis yang besar dan kinerja ISO tinggi yang hebat
  • Layar sentuh LCD resolusi tinggi dengan ceruk yang dirancang dengan baik untuk mengambil layar
  • Fungsi bracketing otomatis dapat diakses dengan kombinasi tombol
  • Baterai EOS 1D X yang lebih lama dapat digunakan
  • Meski ukurannya besar, beratnya 1.014 gram termasuk baterai tidak terlalu berat
  • Eye-AF sudah berfungsi saat subjek kecil di dalam bingkai
  • Jendela bidik elektronik yang besar dan terang dengan simulasi HDR optikal yang bagus

Hal-hal yang Dapat Ditingkatkan

  • Kecepatan rana masih dibatasi hingga 30 detik sebelum beralih ke BULB
  • Fungsi yang dapat diakses untuk tombol khusus agak terbatas
  • Tidak ada kemungkinan untuk mengaktifkan AF dengan AF kontrol mata.
  • Tidak ada tombol PASM

Tentang Fungsi Video Canon EOS R3

Canon juga menawarkan berbagai fungsi video, meskipun tujuan Canon EOS R3 adalah fotografi olahraga, aksi, dan margasatwa. Kemungkinannya cukup untuk rata-rata pengguna. Menawarkan resolusi full HD dan 4K, hingga 120p. Anda memiliki opsi untuk format film mentah dan C-Log3 juga.

Ada terlalu sedikit waktu yang tersedia untuk menguji fungsi video. Saya memang memperhatikan kurangnya efek rana bergulir yang nyata, yang merupakan hal yang baik untuk kamera yang ditujukan untuk fotografi aksi cepat. Tapi saya pikir itu bukan kamera yang paling ideal dan serbaguna untuk pembuat film.

Terima kasih sebesar-besarnya kepada Canon Belanda yang telah menyediakan Canon EOS R3.

Galeri

Pembelian

Anda dapat membeli Canon EOS R3 di sini.

Previous post Foto Hari Ini Oleh Max Foster
Next post Cascade des Tufs, Baume les Messieurs, Jura, Fance

SPONSOR IKLAN :

  • Hadiah terkini Data SGP. Game besar lainnya muncul dilihat secara terprogram melalui berita yg kita umumkan di laman tersebut, dan juga bisa ditanyakan kepada petugas LiveChat support kami yg ada 24 jam On the internet untuk meladeni segala kepentingan para tamu. Ayo secepatnya daftar, dan kenakan promo Lotere & Live Casino On the internet terbesar yg terdapat di laman kita.
  • Jackpot gede Data HK. Jackpot khusus lainnya bisa diamati dengan terjadwal lewat status yang kami sampaikan pada situs tersebut, lalu juga dapat dichat kepada petugas LiveChat support kami yg stanby 24 jam On the internet dapat meladeni segala kepentingan antara player. Mari secepatnya gabung, dan kenakan prize Buntut serta Kasino On the internet terbaik yang nyata di laman kami.
  • Bonus terkini Data Sidney. Bonus spesial lainnya dapat diamati secara terencana lewat berita yang kami sisipkan di laman itu, lalu juga bisa dichat terhadap petugas LiveChat support kita yang menunggu 24 jam Online untuk meladeni seluruh kepentingan antara pengunjung. Lanjut secepatnya gabung, serta dapatkan cashback Lotere dan Kasino On the internet tergede yang hadir di tempat kita.
  • Game mingguan Slot Online gacor. Prediksi terbaik lainnya dapat dipandang dengan terpola lewat kabar yg kami letakkan di laman itu, dan juga bisa dichat kepada layanan LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam On-line dapat meladeni semua keperluan para tamu. Lanjut cepetan join, dan ambil cashback Judi Slot Deposit Pulsa dan Kasino Online tergede yg nyata di laman kita.