5 Tips Memotret Lanskap dan Satwa Liar di Taman Nasional Kita

5 Tips Memotret Lanskap dan Satwa Liar di Taman Nasional Kita

Semua foto © Adam Jones

(Catatan Editor: Exploring Light adalah kolom Shutterbug bulanan yang menampilkan tips, trik, dan saran foto dari fotografer profesional dalam program pendidikan Canon Explorers of Light dan Canon Legends. Kolom bulan ini oleh Adam Jones dengan tips memotret satwa liar dan lanskap di Taman Nasional kami.

Seperti yang kita semua tahu, pandemi benar-benar membatasi perjalanan internasional. Akibatnya, kunjungan ke Taman Nasional kami telah mencapai tingkat rekor. Taman Nasional Grand Teton dan Taman Nasional Yellowstone telah dipadati pengunjung selama dua musim gugur terakhir. Dua permata dalam sistem taman ini adalah salah satu favorit saya sepanjang masa untuk lanskap musim gugur dan margasatwa.

Fotografer sering jatuh ke salah satu dari dua kubu: satwa liar atau lanskap tanpa banyak persilangan antara dua disiplin ilmu. Tidak ada satu pendekatan yang benar, dan kebetulan saya menikmati keduanya. Saya menganggap diri saya sebagai fotografer alam umum, dan suka menangkap gambar satwa liar yang menarik serta pemandangan yang indah.

Ketika saya mengunjungi taman yang menawarkan satwa liar dan peluang lanskap yang bagus, saya akui saya bingung memilih mana yang lebih disukai. Lanskap lebih dapat diprediksi dalam arti mereka sedikit lebih pasti dibandingkan satwa liar yang bisa sangat tidak terduga (atau bahkan tidak muncul sama sekali). Sangat sulit untuk berhasil memotret pemandangan indah saat matahari terbit dan kemudian beralih ke satwa liar selama sisa pagi hari.

Sayangnya, satwa liar Amerika Utara sebagian besar aktif tepat sebelum matahari terbit dan sekitar matahari terbenam, pada saat yang sama sebagian besar lanskap menarik. Lebih produktif untuk memutuskan mana yang ingin Anda lakukan, dan tidak mencoba untuk mengejar kedua disiplin sekaligus.

Lanskap biasanya berputar di sekitar jam emas matahari terbit dan terbenam, dan lokasi pemotretan sering kali ditentukan sebelum tiba di tempat tujuan. Saat memotret satwa liar, area umum mungkin menjadi tujuan, tetapi Anda harus dapat bereaksi terhadap subjek yang bergerak dan cahaya serta latar belakang yang selalu berubah.

Saat memotret lanskap, saya selalu tiba di lokasi 30 menit sebelum matahari terbit. Ini memberikan waktu yang cukup untuk menyempurnakan sudut pandang saya dan pemilihan lensa tergantung pada pencahayaan dan kondisi atmosfer. Dengan satwa liar, Anda tidak pernah tahu persis kapan dan di mana momen singkat yang sempurna akan terjadi, atau kapan situasi dinamis mungkin muncul.

Anda harus berpikir sepanjang waktu: memutuskan pengaturan, komposisi, dan sudut pandang. Lensa prima besar adalah norma bagi sebagian besar fotografer satwa liar yang serius dan saya tentu saja menyukai lensa Canon 600mm f/4 IS III saya. Lensa zoom RF 100-500mm f/4/5-7.1 yang lebih baru dengan cepat menjadi salah satu lensa favorit saya untuk lanskap alam liar dan telefoto. Lensa zoom ini memungkinkan lebih banyak pilihan komposisi dan lebih sedikit reposisi gigi kamera saat subjek bergerak.

Tip 1: Pengaturan Kustom

Ini adalah cara mudah untuk langsung memantul bolak-balik antara satwa liar dan pengaturan lanskap. Saya memprogram sebelumnya pilihan pengaturan satwa liar khusus dan satu set pengaturan lanskap khusus ke posisi C1 dan C2 pada kedua kamera Canon R5 saya. Dengan pengaturan dasar yang telah diprogram sebelumnya, saya dapat beralih dari pengaturan satwa liar ke lanskap dengan sentuhan sederhana pada kenop mode—lalu memilih C1 atau C2.

Untuk satwa liar saya memprioritaskan kecepatan rana, bukaan lebar, dan mode manual. Lanskap memprioritaskan kedalaman bidang bersama dengan ISO rendah, dan saya lebih suka menggunakan pengatur waktu tunda dua detik daripada rilis elektronik. Fotografi satwa liar membutuhkan kecepatan rana yang cukup cepat untuk membekukan gerakan subjek atau gerakan kamera jika memotret dengan tangan. Dengan pengaturan ini pada kedua kamera, saya tidak perlu mendedikasikan satu bodi untuk lanskap dan satu bodi untuk satwa liar. Keduanya siap untuk tugas baik pada saat itu juga.

Sesuai situasi, pengaturan kustom dapat dimodifikasi/ditimpa untuk pengaturan yang berbeda dari yang diprogram semula. Kamera juga dapat diatur untuk kembali ke pengaturan kustom asli Anda, atau untuk menahan pengaturan terakhir yang digunakan. Untuk lanskap saya menggunakan mode AV dan pengukuran evaluatif, dan mengaktifkan AEB (auto exposure bracketing) untuk pemandangan kontras tinggi.

Untuk satwa liar saya dalam mode manual, pengukuran evaluatif, dan ISO otomatis. Saya memilih aperture yang hampir terbuka lebar dan mengatur kecepatan rana saya ke nilai terendah yang memberikan kecepatan rana yang sesuai untuk situasi tersebut. ISO bebas mengambang untuk mempertahankan pengaturan tersebut meskipun cahaya berubah. ISO Otomatis bekerja dengan baik di sebagian besar situasi; namun, ia masih bertindak sebagai mode semi-otomatis dengan keterbatasan bawaan tersebut.

Misalnya, seekor burung di tanah mungkin memiliki eksposur yang tepat, tetapi ketika burung itu terbang ke langit, eksposur akan bergeser ke kurang eksposur. Manual lengkap (di mana semua pengaturan dikunci) adalah solusi jika Anda mengharapkan subjek tiba-tiba mengalami perubahan latar belakang yang dramatis.

Tip 2: Gunakan Polarizer
Pertimbangkan untuk menggunakan filter polarisasi untuk sebagian besar lanskap, tetapi tidak untuk pemotretan satwa liar di sebagian besar kondisi. Filter polarisasi memotong kilau pada vegetasi, air, dan batu basah untuk warna yang lebih kaya. Filter ini tidak akan banyak berguna saat memotret langsung ke matahari atau dengan matahari tepat di belakang kamera. Efek maksimal didapat saat memotret dengan arah 90 derajat ke arah matahari. Perlu diingatkan di sini: saat memotret langit biru dengan lensa sudut lebar, berhati-hatilah agar tidak terlalu mempolarisasi langit hingga hampir hitam.

Juga berhati-hatilah dalam situasi di mana satu sisi langit dalam pemandangan menjadi biru tua dan sisi lainnya tidak. Ketika ini terjadi, gambar mungkin tampak tidak alami dan bermasalah selama pemrosesan pasca. Filter polarisasi adalah filter pokok untuk fotografer lanskap, tetapi tidak sering digunakan dengan satwa liar karena memotong cahaya yang tersedia sebesar 1,5 stop. Sebaliknya, ini dapat digunakan sebagai filter densitas netral tugas ringan untuk secara sengaja meningkatkan panjang eksposur untuk efek gerakan.

Tip 3: Pilihan Lensa
Sementara lensa telefoto adalah norma bagi sebagian besar fotografer satwa liar, sebagian besar lanskap ditangkap dengan lensa normal hingga sudut lebar. Saat adegan memanggilnya, melebar. Dalam sebagian besar situasi lanskap, saya biasanya membiarkan langit menentukan seberapa lebar yang harus ditempuh. Langit kosong tanpa fitur dalam gambar pemandangan tidak menarik, jadi perbesar subjek utama jika langit tanpa fitur atau membosankan. Anda memerlukan tiga hal untuk setiap gambar yang sukses: subjek, pencahayaan, dan latar belakang. Langit sering menjadi latar belakang dalam gambar lanskap jika itu menarik atau indah.

Saya sering menggunakan lensa telefoto untuk gambar unik dari lokasi terkenal. Lensa panjang dan sudut pandangnya yang sempit membantu mengisi bingkai dengan subjek utama, sekaligus menghilangkan detail yang mengganggu atau membosankan. Salah satu gambar favorit saya tentang Pemandian Air Panas Mammoth di Yellowstone diambil dengan zoom 100-500mm saya pada 270mm, f/14, 1/15, ISO 100 dari sudut pandang yang jauh. Pertama, dapatkan bidikan ikonik yang lebih luas, lalu pisahkan pemandangan yang lebih kecil dalam tampilan keseluruhan untuk pilihan komposisi yang menarik.

Tip 4: Kenali Subjek Anda
Saran terbaik untuk menjadi fotografer satwa liar yang lebih baik adalah menjadi naturalis yang lebih baik. Ketahui materi subjek Anda luar dalam dengan mempelajari kebiasaan satwa liar yang ingin Anda foto. Ketahui kapan mereka kemungkinan akan keluar dan sekitar. Ketahui kapan dan di mana mereka memberi makan. Pelajari tentang perilaku subjek Anda sehingga Anda dapat mengenali dan merekam perilaku penting yang dipamerkan.

Harap hormati peraturan taman tentang seberapa dekat Anda dapat mendekati satwa liar dengan aman. Di Yellowstone, aturan untuk beruang dan serigala mengharuskan Anda menjauh setidaknya 100 yard. Untuk hewan besar lainnya seperti bison, elk, moose, aturannya menyatakan 25 yard. Harap patuhi aturan ini untuk keselamatan Anda dan keselamatan orang lain. Dalam gambar ini saya melihat beberapa rusa sapi di punggung bukit, tetapi tidak ada rusa jantan yang terlihat. Mengetahui bahwa rusa masih dalam kebiasaan, pasti ada rusa jantan di dekatnya. Saya berdiri di dekat kawanan rusa sapi yang lepas dan menunggu, dan tentu saja rusa jantan itu kembali ke haremnya seperti yang diperkirakan.

Tip 5: Teknik Fokus Otomatis
Mengetahui sistem fokus otomatis Anda sangat penting, terutama dengan pencitraan satwa liar. Sangat penting bahwa mata subjek tajam dalam gambar akhir. Menargetkan mata subjek bisa jadi menantang, bahkan dengan perlengkapan foto terbaik. Ini biasanya berarti menggunakan satu titik AF aktif atau sekelompok kecil titik, daripada menggunakan semua titik pada saat yang sama dan membiarkan kamera memutuskan di mana harus fokus. Kamera mirrorless Canon R5, R6, dan R3 telah membawa AF presisi ke semua level baru untuk hewan, burung, manusia, dan bahkan mobil balap.

Saya sudah memiliki kamera R5 sejak pertama kali dirilis, kamera ini dengan mudah menjadi kamera saya untuk melakukan segalanya. Saya terutama hanya menggunakan beberapa mode AF secara teratur. Ini adalah pernyataan yang meremehkan untuk mengatakan bahwa saya adalah penggemar berat kemampuan pelacakan mata hewan R5. Sistem AF canggih ini menempatkan satu titik AF kecil tepat di mata subjek dan tetap berada di mata saat subjek bergerak atau jika saya memindahkan subjek di sekitar jendela bidik. Teknologi baru ini telah merevolusi fotografi bird-in-flight saya dengan tingkat keberhasilan jauh di atas apa pun sebelumnya.

Pelacakan mata hewan diaktifkan di bagian belakang kamera saya melalui tombol AF ON di sebelah Joystick. Saya telah mengatur tombol rana depan untuk fokus pada satu titik AF dengan menekan rana setengah. Titik AF tunggal bisa sangat kecil atau salah satu kotak AF zona tergantung pada situasinya. Atur cara ini, saya dapat mengaktifkan pelacakan mata hewan di bagian belakang, dan jika itu tidak berhasil, cukup lepaskan tombol AF On dan fokus depan akan segera mengambil alih. Saat menggunakan tombol rana depan, saya dapat menggunakan ibu jari saya pada joystick untuk memindahkan titik AF atau menggunakan ibu jari saya pada LCD sentuh di bagian belakang kamera.

biodata
Penjelajah Cahaya Canon Adam Jones telah menjadi fotografer selama lebih dari 30 tahun, dengan spesialisasi alam dan perjalanan selama lebih dari 20 tahun. Lokakarya dan turnya membawanya ke seluruh dunia dan turnya dikenal dengan pendekatan praktis untuk memecahkan masalah di lapangan sambil berbagi antusiasme dan pengalamannya.

Gambar pemenang penghargaan Jones dipublikasikan secara luas di majalah, kalender, buku, poster, dan dalam kampanye iklan nasional untuk klien seperti Canon, Ford, Eddie Bauer, Miller Beer, dan Honda.

Jones[diakuidiseluruhduniasebagaifotograferstokterkemukadengangambarnyadiwakiliolehGettyImagesCorbisVisualsUnlimitedPenelitiFotodanDanitaDelimontStockPhotographyKaryanyadigunakanuntukproyekeditorialdankomersialdilebihdari50negaradanditampilkandalamtujuhbukumejakopi[isrecognizedworldwideasanoutstandingstockphotographerwithhisimagesbeingrepresentedbyGettyImagesCorbisVisualsUnlimitedPhotoResearchersandDanitaDelimontStockPhotographyHisworkisusedforeditorialandcommercialprojectsinmorethan50countriesandisfeaturedinsevencoffeetablebooks

Anda dapat melihat lebih banyak karya hebat dari Jones di tautan di bawah ini:

Penjelajah Cahaya Canon

Situs web Adam

Instagram

Facebook

Indonesia

Previous post Mengapa Anda Harus Berhenti Membuat Karya Seni untuk Seniman Lain
Next post 5 Pengaturan Kamera Utama untuk Foto Burung yang Menarik Perhatian (VIDEO)

SPONSOR IKLAN :

  • Hadiah terkini Data SGP. Game besar lainnya muncul dilihat secara terprogram melalui berita yg kita umumkan di laman tersebut, dan juga bisa ditanyakan kepada petugas LiveChat support kami yg ada 24 jam On the internet untuk meladeni segala kepentingan para tamu. Ayo secepatnya daftar, dan kenakan promo Lotere & Live Casino On the internet terbesar yg terdapat di laman kita.
  • Jackpot gede Data HK. Jackpot khusus lainnya bisa diamati dengan terjadwal lewat status yang kami sampaikan pada situs tersebut, lalu juga dapat dichat kepada petugas LiveChat support kami yg stanby 24 jam On the internet dapat meladeni segala kepentingan antara player. Mari secepatnya gabung, dan kenakan prize Buntut serta Kasino On the internet terbaik yang nyata di laman kami.
  • Bonus terkini Data Sidney. Bonus spesial lainnya dapat diamati secara terencana lewat berita yang kami sisipkan di laman itu, lalu juga bisa dichat terhadap petugas LiveChat support kita yang menunggu 24 jam Online untuk meladeni seluruh kepentingan antara pengunjung. Lanjut secepatnya gabung, serta dapatkan cashback Lotere dan Kasino On the internet tergede yang hadir di tempat kita.
  • Game mingguan Slot Online gacor. Prediksi terbaik lainnya dapat dipandang dengan terpola lewat kabar yg kami letakkan di laman itu, dan juga bisa dichat kepada layanan LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam On-line dapat meladeni semua keperluan para tamu. Lanjut cepetan join, dan ambil cashback Judi Slot Deposit Pulsa dan Kasino Online tergede yg nyata di laman kita.